Kamis, 10 Maret 2011

ber etika dikit heheeh



PENDAHULUAN
Etika berasal dari bahasa Yunani, yaitu ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom).Etika adalah nilai-nilai dan asas-asas moral yang di pakai sebagai pegangan umum bagi penentuan baik buruknya perilaku manusia atau benar salahnya tindakan manusia sebagai manusia (Soleh Soemirat, 2005:169). Etika mengacu pada sistem nilai dengan apa orang menentukan apa yang benar dan apa yang tidak benar, yang adil dan tidak adil, yang jujur dan tidak jujur. Etika terungkap dari perilaku moral dalam situasi terterntu. Peran etika dalam kehidupan pribadi dan praktisi sendiri juga sama pentingnya.
Prinsip di balik etika profesional adalah tindakan seseorang dirancang untuk menciptakan kebaikan yang paling tinggi baik bagi klien maupun bagi komunitas secara keseluruhan, bukan untuk meningkatkan posisi dan kekuasaan praktisi. Perilaku profesional di dasarkan pada apa yang secara umum di anggap sebagai motif yang luhur, yang di pantau dan di ukur berdasarkan kode perilaku yang berlaku dan di laksanakan melalui interpretasi kongkrit bagi mereka yang menyimpang dari standar kinerja yang telah di terima. Kode perilaku profesional di tujukan untuk menentukan norma perilaku yang dapat di terima bagi para karyawan dan profesional dalam berkarya.
Etika profesi merupakan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah, ukuran-ukuran yang diterima dan di taati oleh para pegawai atau karyawan, berupa peraturan-peraturan, tatanan yang di taati semua karyawan dari organisasi tertentu, yang telah di ketahuinya untuk di laksanakan, karena hal tersebut melekat pada status atau jabatannya. Dalam kata lain etika profesi adalah kebiasaan yang baik atau peraturan yang diterima dan ditaati oleh para karyawan dan telah mengendap menjadi bersifat normatif.
Sebagian besar organisasi profesional dan banyak perusahaan bisnis lainnya mempunyai kode etik.Dalam setiap profesi tersebut pasti memiliki kode etik yang berbeda.Kode etik merupakan aturan-aturan susila yang ditetapkan bersama dan ditaati bersama oleh seluruh anggota yang bergabung dalam suatu profesi.Kode etik meupakan persetujuan bersama yang timbul secara murni dari diri pribadi para anggota.Kode etik merupakan serangkaian peraturan yang di sepakati bersama guna menyatakan sikap atau perilaku anggota profesi.Kode etik lebih mengingatkan pembinaan para anggota sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat (Bambang Herimanto, 2007:253-254).Kode etik profesi dilaksanakan oleh pribadi-pribadi yang memiliki profesi terkait karena hal tersebut melekat pada jabatannya dan bersifat normatif.



















RUMUSAN MASALAH
ü  Bagaimana etika duduk yang benar?
ü  Bagaimana hasil dari penelitian terhadap etika duduk yang benar dan sehat?
ü  Bagaimana penerapan etika duduk yang benar misal di depan komputer?
ü  Bagaimana Etika duduk menurut budaya lain?

PEMBAHASAN
ü  Bagaimana etika duduk yang benar?
Adapun dalam dunia kerja dan pertemuan ataupun kondisi formal lainnya beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika duduk yang benar adalah sebagai berikut :
1.  Jika ia ingin duduk, maka pertama-tama ia mengucapkan salam kepada orang-orang yang telah duduk sebelumnya, kemudian ia duduk di kursi terakhir, ia tidak menyuruh seseorang berdiri dari kursinya untuk ia duduki, dan tidak menyuruh seseorang berdiri dari kursinya untuk ia duduki, dan tidak duduk di antara dua orang kecuali dengan izin keduanya.
2.  Jika seseorang berdiri dari kursinya, kemudian ia ingin kembali padanya, maka ia lebih berhak duduk di kursi tersebut.
3. Tidak duduk di tengah-tengah forum pertemuan.
4.  Jika ia duduk, sebaiknya memperhatikan etika-etika berikut: Duduk dengan tenang, tidak menjalin jari-jemarinya, tidak bermain-main dengan jenggot atau cincinnya.
5. postur tubuh terutama punggung dan leher harus berada dalam satu garis sejajar atau lurus.
6. ketika duduk dalam waktu lama sebaiknya dalam sudut 135 derajat karena dapat mengurangi mobilitas terhadap kelelahan terutama pada bagian punggung.
7. tidak menggerakkan atau menggetarkan kaki.
8. sikap tangan harus diperhatikan terutama dalam menghindari kebiasaan mengupil., menggaruk kepala, dan yang lainnya.
9. Tidak duduk diatass meja atau menaikkan kaki.
10. Duduklah dengan sikap tegak, rentang paha tidak melebihi lebar pinggul
11. Duduklah tegak dan tidak merosot dikursi, dalam posisi miring atau segaris dengan kedua kaki merapat
12. Saat duduk letakkan tas anda disamping kiri kursi atau dibelakang sandaran kursi bila menerima tamu, persilakan tamu duduk disebelah kanan duduklah sejajar dengan tamu














ü  Bagaimana hasil dari penelitian terhadap etika duduk yang benar dan sehat?
Jika selama ini banyak orang beranggapan posisi duduk tegak saat bekerja adalah posisi terbaik untuk mencegah punggung cedera, namun ternyata kita keliru. Menurut survei yang dilakukan peneliti dari Skotlandia dan Kanada, posisi duduk tegak dengan sikap tubuh sempurna dalam tempo waktu lama justru menimbulkan gangguan punggung yang cukup kronis.
Dalam wacana mereka yang dijabarkan dihadapan masyarakat Radiological Society of North America, para peneliti menyakinkan bahwa posisi duduk terbaik adalah di depan meja kerja adalah sekitar 135 derajat, yang terbukti bisa membantu menimalkan cedera pada punggung bagian bawah.
Dalam studi ini, pasien diminta duduk dalam tiga posisi: membungkuk (di mana posisi tubuh condong ke depan dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajad, posisi duduk tegak (90 derajad), dan duduk santai dengan postur miring 135 derajat. 
Para peneliti mengukur sudut tulang belakang, tinggi dan pergerakan piringan tulang belakang dalam berbagai posisi. Piringan tulang belakang bergerak saat 'tumpuan beban berat badan' terpusat semuanya pada tulang belakang, sehingga membuat piringan sendi keluar dari tempatnya.
Pergerakan piringan sendi ini ditemukan pada posisi duduk 90 derajad dari kursi (posisi tegak sempurna). Sementara posisi 135 derajad bisa mengurangi ketegangan piringan sendi dan membuat tendon dan otot jadi lebih rileks. Sementara posisi membungkuk menyebabkan pengurangan tinggi tulang belakang, dan mengakibatkan kerusakan tulang belakang bagian bawah. Dengan hasil studi tersebut, para peneliti meyakini bahwa posisi duduk 135 derajatdddda adalah yang terbaik, karena posisi tersebut tidak menyebabkan tekanan pada tulang ligamen, dan otot-otot tetap berada dalam posisi baik di punggung.








ü  Bagaimana penerapan etika duduk yang benar misal di depan komputer?
Bekerja di depan komputer sudah menjadi rutinitas bagi kita, baik itu pekerja kantoran ataupun blogger seperti saya. Banyak dari kita yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, ketika duduk bagian manakah yang sakit ? pinggang, tangan atau hampir seluruh tubuh anda yang sakit ?
Salah satu sebabnya adalah mungkin posisi duduk kita yang tidak ergonomis. Berikut 9 tips agar posisi duduk ketika bekerja di depan komputer agar lebih ergonomis dan nyaman sehingga bebas dari rasa sakit pinggang dan sakit lainnya :
  1. Gunakan kursi yang berkaki banyak, misalnya kaki lima. Ini berfungsi untuk menjaga stabilitas dudukan dan keseimbangan badan.
  2. Pastikan kursi anda berada di atas karpet atau alas yang tidak licin sehingga tidak goyang.
  3. Disamping menggunakan kursi yang berkaki lima, sebaiknya gunakan kursi yang dapat memutar sehingga pekerjaan “ mobile “ anda akan lebih mudah.
  4. Pilih juga kursi yang  dapat di atur tinggi rendahnya. Ini tentunya agar fleksibel  dengan ukuran tinggi tubuh penggunanya.
  5. Gunakan juga kursi yang mempunyai sandaran di punggung sehingga dapat menopang punggung dengan baik, bila tidak ada sebaiknya gunakan bantal.
  6. Gunakan monitor yang lebar.
  7. Atur senyaman mungkin resolusi monitor anda sehingga tidak melelahkan mata.
  8. Pastikan tinggi meja dan kursi anda sesuai dengan tinggi tubuh anda.
  9. Terakhir, pastikan lebar dudukan kursi sesuai dengan lebar bokong. Dapat di bayangkan ketika lebar dudukan kursi lebih kecil dari bokong anda.





ü  Bagaimana Etika duduk menurut budaya lain?
Teknik Duduk di jepang.
          Banyak orang barat yang tidak terbiasa duduk di lantai,  jadi bisa dibayangkan kan bagaimana susahnya mereka jika harus duduk dan makan dekat lantai.  Ada teknik duduk yang biasa digunakan untuk wanita dan pria, secara formal disebut Seiza. Untuk laki-laki biasanya menggunakan posisi kaki menyilang sedangkan untuk wanita biasanya menggunakan posisi kedua kakinya disalah satu sisi badan atau bersimpuh
Aturan Duduk di jepang.
          Tamu yang paling penting akan duduk di tempat kehormatan (kamiza) yang letaknya biasanya paling jauh dari pintu. Sedangkan pemilik rumah atau orang yang tidak begitu penting, duduk di dekat pintu (shimoza). Tentu saja banyak faktor lain yang menentukan posisi duduk seseorang.














DAFTAR PUSTAKA
Alislamu, 2007, etika duduk dan ruang pertemuan, 24 februari 2007, dari url : http://www.alislamu.com/
Blogspot, 2010, etika duduk internasional, 15 juli 2010, dari url : http: //blogspotduniaseni.com/
Nongkrong area, 2009, cara duduk yang benar, 10 november 2009, dari url : www.nongkrongarea.com
Docktstock, 2010, etika profesi, 01 maret 2010, dari url : www.dockstock.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar